Kuliah di Jurusan yang Didominasi Kaum Hawa, 10 Perasaan Ini Sering Menghinggapi Cowok Psikologi di Luar Sana

Kuliah di Jurusan yang Didominasi Kaum Hawa, 10 Perasaan Ini Sering Menghinggapi Cowok Psikologi di Luar Sana



Rasanya jadi cowok yang kuliah di Jurusan Psikologi? Hmm…
Di mata cowok, jurusan psikologi kadang tidak terlintas sebagai jurusan favorit. Fakultas Teknik, Kedokteran, MIPA, dan Geologi nampaknya lebih seksi bagi cowok di luar sana, kadang memang sudah menanamkan niat sejak SMA juga.
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa fakultas psikologi didominasi oleh kaum hawa. Mungkin ini juga yang mendorong cowok untuk memilih pilihan lain selain kuliah di psikologi. Nah, lalu bagaimana perasaan temen-temen kita yang cowok, yang akhirnya memilih untuk kuliah di psikologi? Yuk kita simak di artikel Hipwee berikut ini!

1. Kamu akan sadar bahwa Ilmu Psikologi tidak selalu feminim seperti yang kamu bayangkan sebelumnya. Ada banyak mata kuliah yang membantumu mengenal manusia

psikologi tidak melulu soal perasaan
psikologi tidak melulu soal perasaan via sagaofthejasonite.files.wordpress.com
Ilmu psikologi tidak selalu se-feminin yang kamu bayangkan ketika terbesit kata “psikologi” di benakmu, apalagi dengan fakta bahwa mayoritas mahasiswa Psikologi adalah perempuan. Ketika kamu masuk psikologi, ternyata mata kuliahnya gak cuma bahas perasaan ya.. Ada juga yang mengenai logika manusia, motivasi, pengambilan keputusan, intuisi, pengaruh lingkungan, dan maaaasih banyak lagi.


2. Psikologi juga tidak kalah keren dengan jurusan teman-teman lainnya, karena menggabungkan dua aspek: Natural Science yang eksak dan Social Science yang kompleks.

Psikologi, ilmu yang beridentitas ganda
Psikologi, ilmu yang beridentitas ganda via 1.bp.blogspot.com
Psikologi pada dasarnya adalah ilmu yang cukup kompleks; berakar dari filsafat, dibahas secara artistik, dan bertemu dengan ilmu alam dan ilmu sosial hingga membentuk potongan diagram sendiri yang disebut ilmu psikologi. Awalnya sih pasti rada bingung; “ini kuliah apa sih, sebenernya psikologi tuh belajar apa..???”, soalnya psikologi punya dua perspektif: alam dan lingkungan.
Kamu juga bakal excited karena ternyata kuliah di psikologi gak kalah gengsinya dengan fakultas lainnya, selain karena psikologi punya beberapa penjurusan dan bisa melakukan multi-perspective, kamu dapat masuk dan bekerja  ke dalam hampir semua bidang yang ada di dunia ini, selama itu melibatkan manusia. Waaaw!

3. Anak Teknik kering pemandangan? Di Psikologi kuliah dikelilingi cewek cantik itu sesuatu banget!

kuliah dikelilingi cewek cantik? Dah makanan sehari-hari
kuliah dikelilingi cewek cantik? Dah makanan sehari-hari via www.bankerinthesun.com
Kuliah dikelilingi cewek? Asyik lah!
…dan ternyata, ceweknya bukan hanya banyak.. tapi juga cantik-cantik! Hmm…

4. …walaupun itu bukan jaminan bahwa kamu bakal gampang dapet pacar!

Hal kayak gini belum pasti terjadi di kehidupan sebagai mahasiswa psikologi
Hal kayak gini belum pasti terjadi di kehidupan sebagai mahasiswa psikologi via www.tsbmag.com
Tapi itu bukan jaminan bahwa nanti cowok psikologi bisa gampang dapet cewek psikologi lhoh! Mungkin karena beberapa alasan nih:
  • Psikologi itu hunting ground bagi cowok fakultas lain untuk mencari gebetan.
  • Cewek psikologi lebih suka cowok yang kuliahnya nggak se-jurusan
  • Karena takut kalo lagi berantem pasti serba salah, soalnya tiap hari ketemu.
  • Ingin cowok fakultas lain yang postur tubuhnya lebih oke.
  • dan lain lain…’


5. Dan ketika kamu mengenalkan diri ke cewek fakultas lain, kamu akan ditanyai: “Mas, baca kepribadianku dong!”

sori, gue bukan dukun!
sori, gue bukan dukun! via stat.ks.kidsklik.com
Pertanyaan yang standar banget, dah biasa deh pokoknya, kalo cowok psikologi itu bakal ditanyai hal seperti itu.. Palingan kamu cuma tersenyum ala SPG.. (Soalnya masih mending daripada ditanyain jawaban psikotes, yang gak bakal kami kasih walau sampe kiamat).


6. Kuliah di Psikologi bukan garansi bahwa kamu bisa memahami watak orang lain apalagi watak wanita!

bahkan mungkin kemampuan Ada Band untuk memahami wanita, jauh diatas kami
bahkan mungkin kemampuan Ada Band untuk memahami wanita, jauh diatas kami via cdn.klimg.com
Walaupun kamu diajarkan untuk memahami manusia, bukan berarti itu menjadi jaminanmu untuk dapat langsung memahami wanita! Gak percaya? Coba aja…

7. Percaya atau gak, kamu akan belajar untuk berpuisi dan berfilosofi.

dunia abstrak sudah seperti rumah kedua
dunia abstrak sudah seperti rumah kedua via tamsinallencreative.files.wordpress.com
Pastinya, kuliah di psikologi bikin kita punya inventory alias persediaan “kata-kata sakti” yang cukup puitis dan filosofis (lhaa emang dasarnya psikologi itu seni dan filsafat). Kadang kamu terpikirkan ide yang fantastis sehabis kuliah, sampai-sampai terbesit keinginan untuk menulis buku, bersurat elektronik romantis, ataupun aktif di sosmed buat gaya-gayaan. Walaupun euforianya cuma awet sehari.

8. Di sini cowok yang biasanya cuek minta ampun bakal belajar untuk mendengar.

belajar mendengarkan
belajar mendengarkan via www.empathy4life.com
Umumnya, anak psikologi adalah pendengar yang baik, meski tak harus diekspresikan dengan cara mengurangi bicara. Paling enggak, sebagai cowok psikologi, udah banyak lah cewek yang terkesima sama spesies “cowok pendengar yang baik” macam dirimu, walaupun ujungnya cuma jadi tempat curhat.
Hahahaha, friendzone detected.

9. Kamu bakal punya rasa kasih sayang yang melimpah, terutama pada anak-anak.

ayo nak! Cilukkk baaa!
ayo nak! Cilukkk baaa! via eriek.files.wordpress.com
Mempelajari anak-anak udah masuk kurikulum kami, apalagi main sama anak-anak, bisa dibilang keahlian kami.
Ps: Dengan kata lain, cowok psikologi cocok jadi ayah dari anak-anakmu, mbak.

10. Dan pada akhirnya, kamu akan jadi pribadi dewasa yang memahami kondisi orang lain

being mature
being mature via pad3.whstatic.com
Karena dididik untuk memahami bahwa setiap manusia itu unik, kami jadi paham bahwa setiap individu perlu dihormati sebagaimana adanya mereka, jadi cowok psikologi itu legowo banget deh orangnya gitu, haha.


Jadi kebanggaan menjadi mahasiswa psikologi bukan cuma eksklusif haknya yang cewek aja, tapi juga bisa jadi kebanggaan yang cowok. Nyatanya, banyak kualifikasi positif nan ajaib yang bisa kamu dapat dengan menjadi cowok psikologi.


http://www.hipwee.com/hiburan/kuliah-di-jurusan-yang-didominasi-kaum-hawa-10-perasaan-ini-sering-menghinggapi-cowok-psikologi-di-luar-sana/
Share on Google Plus

About Fajar Soehardjo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    BalasHapus