Berbagai Spot Wisata Di Ambarawa Yang Dijamin Bakal Membuatmu Terlena Saat Berkunjung Ke Sana

Berbagai Spot Wisata Di Ambarawa Yang Dijamin Bakal Membuatmu Terlena Saat Berkunjung Ke Sana


Ambarawa adalah sebuah kota yang  terletak di Provinsi Jawa Tengah. Dulunya daerah ini menjadi pusat militer pada zaman kolonialisme Belanda. Maka dari itu, tidak mengherankan kalau pembangunan jalur kereta sudah dimulai sejak tahun 1873.
Namun seiring dengan berakhirnya masa kolonialisme di Indonesia, ‘wajah kota Ambarawa yang dulunya begitu lekat dengan dunia militer kini mulai memacak diri. Perbaikan terus dilakukan termasuk juga pada sektor pariwisatanya yang membuat kota bersuhu sejuk ini semakin menarik untuk dijamahi para wisatawan. Mau buktinya? Yuk, lihat ulasannya di artikel ini!

1. Jalan-jalan ke Ambarawa tanpa berkunjung ke air terjun Umbul Songo tak akan lengkap rasanya. Air terjun setinggi 15 meter ini punya pemandangan cantik yang pasti membuatmu susah lupa.

Umbul Songo
Umbul Songo via ink361.com
Salah satu tempat wisata yang wajib kamu jamahi keindahannya saat berkunjung ke Ambarawa adalah Umbul Songo. Di tempat tersebut para pengunjung akan disajikan sebuah pemandangan alam yang memesona berupa air terjun setinggi 15 meter yang dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang. Terletak di ketinggian 1.450 meter menjadikan Umbul Songo tidak hanya indah panoramanya saja. Udara sejuk turut pula menyempurnakan pengalaman berlibur ke sana.
Namun sebelum kamu bervakansi ke sini pastikan kondisi tubuhmu fit, ya. Alasannya, karena untuk menikmati keelokan Umbul Songo harus melakukan trekking dengan kondisi jalan yang belum baik. Bila kamu berangkat dari Semarang, maka untuk bisa sampai ke tempat ini jaraknya adalah 54 KM. Sementara bagi pengunjung yang memulainya berasal dari Magelang jarak tempuhnya adalah sejauh 23 KM.

2. Saat ke Ambarawa, rasakan sensasi nyemplung di kolam renang alami Siwarak. Cukup dengan dana 10 ribu, acara berenangmu akan semakin semarak.

siwarak
siwarak via ink361.com
Kalau kamu bosan dengan kolam renang biasa yang banyak kaporitnya, Kota Ambarawa menyediakan kolam mata air alami yang akan memberikan sensasi berenang tidak biasa. Terletak hanya 2 KM dari Ungaran, pengunjung sudah bisa sampai di Siwarak. Di sini kamu akan dimanjakan dengan kolam yang airnya berasal langsung dari pegunungan.
Tidak perlu berkendara terlalu jauh jika memang tertarik merasakan dinginnya air gunung tersebut. Hanya dengan uang sebesar Rp 10.000, pengunjung sudah bisa langsung nyemplung di kolam tersebut. Rasakan langsung air kolam dingin menusuk tulang tapi sekaligus meninggalkan rasa segar yang berkepanjangan.

3. Sumpek dengan kegiatan harian yang melelahkan? Manjakan matamu dengan menikmati pemandangan hijau di daerah Agrowisata Tlogo.

Tlogo
Melihat pemandangan alam yang di dominasi warna hijau memang selalu sukses membuat orang yang sedang stres menjadi lebih tenang. Maka dari itu gak heran kalau tempat berlibur yang menyediakan pemandangan seperti ini banyak dicari orang. Kalau pas lagi di Ambarawa kamu juga memerlukan hal serupa, datang deh ke Agrowisata Tlogo. Di tempat ini kamu dapat melihat keelokan hamparan perkebunan karet dan juga kopi.
Menyusuri kawasan perkebunan sembari menikmati udara dingin khas pegunungan adalah cara terbaik untuk melepas rasa lelah setelah disibukkan dengan kegiatan harian. Di tempat yang sama kamu juga bisa menikmati bangunan dengan gaya arsitektur Belanda cocok dijadikan tempat berfoto bersama teman, kekasih, atau keluarga tercinta.

4. Sempatkan dirimu untuk menapaki sejarah Kota Ambarawa. Di Benteng Willem, kamu dapat menyaksikan kemegahan benteng yang tak lekang dari masa ke masa.

Benteng Willem
Benteng Willem via dolandolen.blogspot.com
Jika di Yogyakarta ada Benteng Vredeburg yang menjadi icon pariwisata kota tersebut, maka di Ambarawa ada pula tempat wisata bersejarah sejenis yang diberi nama Benteng Willem. Konon katanya, benteng yang berdiri gagah ini dibangun kurang lebih selama 18 tahun dengan melibatkan pekerja sebanyak 1.200 orang.
Pembangunan Benteng Willem ditujukan untuk memperingati pertemuan bersejarah antara Pakubowono II dengan Gubernur Jenderal Van Imhoff di tahun 1746. Sayang meski memiliki nilai sejarah yang tinggi keberadaan benteng ini menjadi kurang terawat. Bahkan di beberapa bagiannya sudah menjadi daerah pemukian yang digunakan oleh masyarakat sekitar.

5. Perjalananmu akan semakin berkesan dengan agenda jalan-jalan ke Palagan Ambarawa, sebuah monumen bukti kecintaan masyarakat sekitar terhadap Indonesia.

Palagan Ambarawa
Palagan Ambarawa via ink361.com
Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang didirikan pada masa kepemimpinan Soeharto di tahun 1973 yang bertujuan untuk mengenang perlawanan terhadap penjajah di Ambarawa. Pada waktu itu, sekutu yang keberadaannya terdesak keluar dari Magelang mencoba menguasai Ambarawa.
Masyarakat sekitar yang tidak suka dengan kedatangan sekutu mengusir habis penjajah dengan mengadakan perang di bawah perintah Kolonel Soedirman. Di relief yang terdapat pada tubuh monumen Palagan Ambarawa, kamu dapat melihat secara singkat pertempuran yang terjadi antara warga pribumi dengan penjajah. Di sana ada pula aneka benda bersejarah seperti seragam tentara Jepang, Belanda, Indonesia dan juga senjata yang dipakai selama perang.

6. Ambarawa memang terkenal dengan kereta-kereta uapnya. Pengalaman menaikinya akan jadi momen yang tak mudah terlupa.

kereta uap
kereta uap via ink361.com
Bila suatu saat nanti kamu berkesempatan untuk berlibur ke Ambarawa, jangan pernah lupa mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa yang sangat terkenal. Pasalnya, berbeda dengan museum kereta api lainnya yang keretanya sudah tidak lagi beroperasi, di museum ini pengunjung dapat merasakan sensasi menaiki kereta api uap.
Kereta api uap yang menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda yang masih terawat dengan baik. Ada dua rute yang ditawarkan pengelola kepada pengunjung yakni rute Ambarawa-Bedono dan Ambarawa-Tuntang. Umumnya, wisatawan yang datang ke sini didominasi oleh para pecinta wisata sejarah mancanegara.

7. Kota Yogyakarta tersohor lantaran punya Candi Prambanan, sedangkan Ambarawa tak kalah tenar karena memiliki Candi Gedong Songo.

Candi Songo
Candi Songo via www.paragembelgembel.com
Daerah Jawa Tengah terkenal dengan wisata candinya yang tersebar di Yogyakarta, Solo, sampai dengan Ambarawa. Di Ambarawa sendiri salah satu candi yang terkenal bernama Candi Gedong Songo yang terletak di daerah Ungaran. Jika dilihat dari gaya arsitekturnya, Candi Gedong Songo mirip dengan aneka candi yang terletak di Dieng.
Karena terletak di daerah pegunungan, Candi Gedong Songo banyak menarik minat wisatawan yang tidak hanya menyukai sejarah tetapi juga berniat menghirup udara segar. Sepulangnya berwisata di Gedong Songo kamu juga bisa mendatangi aneka pemandian air panas yang bisa melemaskan tubuh yang pegal setelah berjalan-jalan.

8. Vakansimu akan terasa sia-sia jika tak sempat mampir ke Rawa Pening. Danau ini punya pemandangan indah yang pasti menyejukkan mata.

Rawa Pening
Rawa Pening via www.pinterest.com
Dari berbagai wisata di atas yang sudah Hipwee sebutkan mungkin Rawa Pening adalah spot liburan paling ikonik dengan kota Ambarawa. Tempat ini adalah danau seluas 2.670 yang memiliki pemandangan fantastis. Biasanya para pengunjung yang datang bertujuan untuk menangkap gold sunrise yang ada di sini.
Setelah puas bermain-main di sekitar danau biasanya para pengunjung yang datang akan mengisi perut dengan sajian ikan bakar di dekat danau. Kamu bisa datang ke Rawa Pening baik bersama keluarga, teman, atau kekasih tercinta.

Ternyata banyak juga ya berbagai spot wisata yang bisa kamu sambangi kala sedang singgah atau berlibur di kota ini. Mungkin masih banyak juga tempat asyik lainnya yang belum Hipwee tulis di atas. Kalau ada yang berminat memberi tahu, jangan malu-malu untuk tinggalin komentar pada kolom di bawah, ya!

http://www.hipwee.com/travel/berbagai-spot-wisata-di-ambarawa-yang-dijamin-bakal-membuatmu-terlena-saat-berkunjung-ke-sana/
Share on Google Plus

About Fajar Soehardjo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Arsitek. Arsitek merupakan suatu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam berbagai hal. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai Arsitek yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    BalasHapus