8 Destinasi Rupawan yang Membuatmu Berhasrat Menjelajahi Brebes, Sang Bombay van Java

8 Destinasi Rupawan yang Membuatmu Berhasrat Menjelajahi Brebes, Sang Bombay van Java


Kali ini, petualangan membawa kita ke Brebes, salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat. Maka, gak heran jika terjadi akulturasi antara budaya Jawa dan budaya Sunda lewat bahasa penduduk kota tersebut. Secara geografis, kota ini juga bersebelahan dan bagai menyatu dengan kabupaten tetangganya, Tegal.
Kabupaten Brebes sangat terkenal sebagai penghasil bawang merah terbesar di Indonesia, maka gak salah kalau kota ini dijuluki Kota Bawang—atau yang lebih keren,Bombay van Java. Namun, kabupaten ini gak cuma bawang melulu, ada sejumlah destinasi wisata ciamik yang bikin kamu berhasrat untuk mengunjungi Brebes.
Nah, penasaran, ‘kan? Yuk langsung meluncur ke sana!

1. Meski sebagian besar wilayahnya landai, Brebes juga punya daerah pegunungan di bagian selatan. Salah satu daya tariknya adalah Curug Putri ini

Curug Putri
Curug Putri via banyumasnews.com
Kawasan dataran tinggi di Brebes bagian selatan adalah bagian dari lereng Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah. makanya, tak heran kalau daerah ini memiliki sejumlah potensi wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah Curug Putri di Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog.
Curug Putri memiliki tinggi sekitar 35 meter, mengalir di antara tebing batu yang membentuk ornamen menawan. Panoramanya yang masih natural, kesegaran air mengalir, plus suaranya yang menderu menjadi daya tarik istimewa bagi para wisatawan yang bertandang ke Brebes.


2. Sementara di kecamatan Paguyangan, ada pula Curug Cupu yang sederhana tapi gak kalah eloknya

Curug Cupu
Curug Cupu via www.facebook.com
Bertetangga dengan kecamatan Sirampog, ada kecamatan Paguyangan yang juga memiliki potensi wisata yang gak bisa dipandang sebelah mata. Di daerah ini, tepatnya di Dukuh Cijampang, Desa Ragatunjung, kamu bisa menemukan Curug Cupu, yaitu air terjun setinggi 14 meter yang dihiasi dengan ornamen tebing batu dan asrinya hutan pegunungan.
Untuk menuju ke curug ini, kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari dengan kendaraan dari pertigaan jalan utama Paguyangan-Kaligua. Tapi, kendaraanmu cuma bisa mencapai  Dukuh Cijampang, selanjutnya kamu mesti mengandalkan kakimu dengan trekking.


3. Sempatkan juga mengunjungi kawasan agrowisata kebun teh Kaligua, yang menyimpan sekaligus beberapa obyek wisata

kebun teh Kaligua
kebun teh Kaligua via wisnuwidiarta.wordpress.com
Kecamatan Paguyungan memang kaya dengan potensi wisata alamnya yang menarik hati. Kalau ke daerah ini, jangan lewatkan untuk mengunjungi kawasan agrowisata kebun teh Kaligua di Desa Pandansari. Di sini, kamu bisa menikmati jalan-jalan menyusuri area kebun teh yang hijau dan asri, bikin mata dan hati terasa adem. Tapi, gak cuma itu, nikmati juga beberapa objek wisata yang tersimpan di dalamnya:

Telaga Renjeng

Telaga Renjeng
Telaga Renjeng via wisnuwidiarta.wordpress.com
Telaga cantik ini gak boleh kamu lewatkan. Telaga ini dihuni ribuan lele yang konon dikeramatkan, kamu gak boleh memancingnya apalagi membawanya pulang. Panorama telaga yang serupa cermin bikin kamu betah berlama-lama.

Goa Jepang

Goa Jepang
Di sini, ada pula goa peninggalan Jepang yang dibangun di bawah kebun teh dan memiliki lorong yang berliku. Kamu bisa menemukan sejumlah ruangan di dalamnya, seperti ruang sidang, ruang tahanan, ruang pembantaian, kamar jugun ianfu, serta ruang senjata. Kalau mau masuk sebaiknya dengan pemandu, agar kamu tak tersesat di dalam lorongnya.

Sumber mata air Tuk Bening

Bermain di Mata Air Tuk Bening
Bermain di Mata Air Tuk Bening via wisnuwidiarta.wordpress.com
Selain telaga, kamu juga bisa menemukan sumber mata air yang difungsikan untuk rekreasi air keluarga bernama Tuk Bening. Nikmati segarnya membasuh wajah setelah lelah berkeliling. Selain itu, kamu juga bisa naik perahu genjot.


4. Brebes kaya dengan aliran sungai, sehingga ada beberapa waduk yang dibangun di daerah ini. Waduk Penjalin di Kecamatan Paguyangan wajib kamu singgahi

Waduk Penjalin
Waduk Penjalin via nafigraphy.wordpress.com
Sejumlah aliran sungai yang melintasi kabupaten Brebes menjadi potensi tersendiri, terutama untuk sektor pertanian yang menjadikan kota Bawang ini mendominasi produksi bawang merah dalam negeri. Oleh sebab itu, dibangunlah waduk-waduk pada zaman kolonial Belanda. Salah satunya adalah waduk Penjalin yang terletak di kecamatan Paguyangan.
Selain memberi manfaat bagi pertanian di Brebes, waduk ini juga dijadikan tempat rekreasi bagi wisatawan lokal maupun dari luar kota Brebes. Kamu bisa merasakan serunya berkeliling waduk dengan perahu sewaan atau sekadar jalan-jalan menikmati panorama waduk.


5. Selain waduk Penjalin, kamu juga dapat menikmati panorama waduk Malahayu yang tak kalah mempesona

Waduk Malahayu
Waduk Malahayu
Selain waduk Penjalin, ada pula waduk Malahayu di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo. Waduk ini bisa dibilang “kembarannya” waduk Penjalin, karena dibangun pada masa yang bersamaan. Selain dimanfaatkan untuk irigasi pertanian, Waduk Malahayu juga menjadi kawasan rekreasi yang cukup menyenangkan.
Nikmati panorama pegunungan dan hutan jati di sekitar waduk sambil berperahu. kamu juga bisa menemukan fasilitas yang cukup lengkap, seperti kolam renang anak, taman bermain, becak air, serta panggung terbuka. Di hari raya, tempat ini diramaikan dengan pentas musik serta ritual sedekah waduk.


6. Letaknya yang berada di lereng gunung aktif membuat Brebes diberkahi sumber air panas, yang bisa kamu nikmati di pemandian Cipanas Buaran

Pemandian air panas Cipanas Buaran
Pemandian air panas Cipanas Buaran via jalan2.com
Masih di kawasan Brebes selatan, ada pemandian sumber air panas yang gak boleh kamu lewatkan. Pemandian Cipanas Buaran ini terletak di Desa Buaran, Kecamatan Bantarkawung, berjarak sekitar 6 Km dari kota Kecamatan Bumiayu atau 70 Km dari pusat kota Brebes. Di pemandian ini, kamu akan disuguhi dengan pemandangan pedesaan yang dikelilingi dengan hutan pinus. Air panas di pemandian ini berfungsi sebagai sarana terapi berbagai penyakit, seperti rematik, pegal-pegal, dan asam urat.


7. Brebes terletak di pesisir pantai utara. Jadi, jangan terlewat untuk menyambangi kawasan pantainya — Pantai Randusanga Indah yang menjadi salah satu daya tarik turis di kota ini

Pantai Randusanga Indah
Pantai Randusanga Indah via edisantoso4636.blogspot.com
Mumpung lagi di Brebes, mampirlah untuk menjajal wisata pantainya di Pantai Randusanga Indah. Inilah salah satu pantai di Brebes yang ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada musim liburan. Tempat ini menawarkan panorama yang khas pantai utara, dengan pasir yang hitam serta ombak yang tenang, sehingga kamu bisa leluasa bermain air laut di sini.
Pantai ini dilengkapi sejumlah fasilitas seperti permainan anak, panggung, arenagrass track, serta rumah makan seafood. Di sepanjang perjalanan menuju pantai, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan bawang merah.


8. Sebelum beranjak dari Brebes, jangan lupa mencicipi kuliner spesialnya dan membawa pulang oleh-oleh khasnya

Sate Blengong
Sate Blengong via jalan2.com
Berkunjung ke Brebes tentu belum lengkap kalau belum menjajal makanan khasnya. Salah satu kuliner khas yang patut kamu coba adalah sate blengong. Sate ini terbuat dari daging blengong, unggas sejenis itik yang merupakan peranakan bebek danmenthok. Sate ini paling nikmat disantap bersama kupat glabed. Kamu bisa menemukan kuliner satu ini dengan mudah di sekitar alun-alun kota Brebes.
Untuk oleh-oleh, kamu bisa membawa pulang telur asin khas Brebes. Ada dua varian, yaitu telur asin rebus dan bakar. Selain telur asin, brambang goreng alias bawang goreng khas Bombay van Java ini juga tak boleh luput kamu bawa pulang.

Nah, itulah sejumlah destinasi menarik serta kuliner khas dari kabupaten Brebes. Jangan ragu buat nambahin objek wisata yang belum disebutkan di sini lewat kolom komentar ya.

http://www.hipwee.com/travel/8-destinasi-rupawan-yang-membuatmu-berhasrat-menjelajahi-brebes-sang-bombay-van-java/
Share on Google Plus

About Fajar Soehardjo

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: